Polisi Amankan 40 Pendemo dalam Demonstrasi di Lampung

Jakarta, CNN Indonesia

Polisi telah menangkap 40 orang dalam aksi tersebut demonstrasi mahasiswa dan elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Lampung Pemanggilan hari ini, Rabu (13/4).

Kabag Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, 20 orang yang ditangkap adalah mahasiswa.

“Ke-40 itu terdiri dari 20 (orang) pelajar SMP dan SMA. 20 lainnya adalah kelompok bukan masyarakat dan pelajar,” kata Pandra, Rabu (13/4).

“Ada sembilan mahasiswa dan 11 diantaranya adalah kelompok masyarakat, pekerja dan sebagainya,” lanjutnya.

Pandra menjelaskan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat telah melarang mahasiswa mengikuti demonstrasi. Selain itu, mereka juga berpartisipasi dalam demonstrasi selama jam belajar mengajar.

Atas dasar itu, polisi menangkap para mahasiswa. Polisi juga telah menghubungi orang tua mereka.

“Bahkan masing-masing orang tua kaget. Kok di tengah-tengah demonstrasi massal ini. Jadi berarti orang tua di sini dituntut untuk peduli keberadaan putra-putrinya, itu harapan kami,” kata Pandra.

Pandra mengatakan, satu orang lagi ditangkap karena diduga membawa barang terlarang yang bisa membahayakan jalannya demonstrasi.

Namun, seluruh peserta demonstrasi yang sempat ditangkap kini telah dipulangkan setelah tercatat dan diperiksa.

Dalam aksi unjuk rasa yang digelar di Lampung, massa bentrok dengan aparat keamanan. Massa ingin membobol kantor DPRD Lampung, sementara polisi tak mau mengalah.

Sedikitnya 11 mahasiswa pingsan saat demonstrasi. Semuanya diberi perawatan di ambulans yang bersiaga di lokasi kejadian.

Mahasiswa juga memberikan ultimatum tiga hari kepada pemerintah untuk memenuhi tuntutan tersebut. Terutama soal harga pangan yang perlu distabilkan. Jika tidak, para siswa bertekad untuk mengadakan aksi yang lebih besar.

(zai/mjo/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Ariesal Curi Dinamo untuk Bayar Hutang Pernikahan Anak, Kasus Dihentikan