Polisi Tindak Balap Ilegal di Jam Sahur Kecemasan Warga Kapuas Hulu

Jakarta, CNN Indonesia

Polisi Resor Kapuas HuluPolda Kalbar melakukan penertiban terhadap sejumlah pemuda yang melakukan aksi balap jalanan ilegal di sekitar Bundaran Putussibau Pancasila, Sabtu (16/4) dini hari.

Aksi balap liar para pemuda ini kerap terjadi sekitar pukul 02.40 WIB usai pawai gerobak sahur di bulan Ramadhan.

“Pelaku aksi balap liar sudah kami amankan beserta barang bukti berupa sepeda motor dan kami panggil orang tuanya,” kata Kapolsek Kapuas Hulu AKBP Prancis Yohanes Siregar, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Menurut Prancis, penertiban balap liar oleh Tim Kapuas Enggang dan anggota Satuan Lalu Lintas Polres Kapuas Hulu menindaklanjuti laporan masyarakat. Masyarakat merasa resah dan terganggu dengan ulah sejumlah pemuda yang melakukan aksi balap liar.

Menurut dia, dari barang bukti yang diamankan, sepeda motor yang digunakan untuk balap liar rata-rata telah dimodifikasi dengan knalpot yang tidak memenuhi standar dan menimbulkan suara yang meresahkan masyarakat.

“Kami telah memanggil orang tua dari pembalap ilegal dan beberapa pemuda telah menulis pernyataan untuk tidak mengulangi tindakan mereka,” kata Prancis.

Ia menghimbau kepada anak muda yang sering melakukan aksi balap liar untuk tidak mengulangi perbuatannya, karena selain merugikan diri sendiri, pengendara lain juga.

Selain itu, Prancis juga meminta agar masyarakat

orang tua memperketat pengawasan terhadap anaknya terutama yang mengendarai sepeda motor.

“Kami juga meminta para orang tua untuk lebih tegas dan tegas lagi dalam mengawasi anak-anaknya, jangan sampai melakukan hal-hal yang mengancam nyawa diri sendiri dan orang lain dengan melakukan balap liar atau kenakalan remaja lainnya,” kata France.

(antara/ain)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  M 5.2 Gempa Guncang Sabang Aceh, Tidak Potensi Tsunami