PPKM Level 2, Maksimal Mall Beroperasi Hingga Pukul 22.00

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah kembali memberikan relaksasi terhadap kegiatan sektor non kesehatan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Baru-baru ini, pemerintah telah memperpanjang masa operasi tempat perbelanjaan dan tempat makan khusus untuk kawasan yang termasuk dalam kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Tingkat 2.

Dirjen Pemerintahan Daerah Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA menambahkan, relaksasi diberlakukan untuk aktivitas di pusat perbelanjaan atau mall. Kemudian restoran, rumah makan, dan kafe yang bisa beroperasi hingga pukul 22.00 waktu setempat, setelah sebelumnya hanya pukul 21.00.

Sementara itu, supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan supermarket yang menjual kebutuhan sehari-hari akan tetap beroperasi maksimal pukul 21.00. Pasar rakyat juga akan tetap beroperasi maksimal pukul 20.00 waktu setempat.

Meski waktu operasional diperpanjang, namun daya tampung warga tidak berubah, yakni masih 75 persen untuk wilayah di PPKM Level 2.

“Selain perubahan jam operasional pusat perbelanjaan, kami juga ingin menyampaikan adanya perubahan peraturan persyaratan kompetisi olahraga dengan menekankan vaksinasi booster bagi penonton,” kata Safrizal dalam keterangan tertulis yang diterima. CNNIndonesia.com, Selasa (5/4).

Awalnya, pemerintah tidak mengatur ketentuan vaksin Covid-19 bagi penonton pertandingan olahraga. Saat ini, semua penonton yang hadir di stadion harus sudah divaksinasi booster atau vaksinasi lengkap dan hasil antigen negatif pada hari pertandingan.

Di sisi lain, pemerintah juga memberikan relaksasi untuk kompetisi olahraga. Semua pemain, ofisial, awak media, dan staf pendukung yang hadir diberikan keringanan dengan mengizinkan setidaknya dosis kedua vaksin dan hanya menggunakan persyaratan antigen pada hari pertandingan. Sementara sebelumnya diberikan opsi tes PCR tambahan.

Selanjutnya, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 20 Tahun 2022 yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian pada 4 April 2022, jumlah daerah di Tingkat 1 bertambah dari sebelumnya hanya 6 daerah. daerah menjadi 20 daerah.

Baca Juga :  MUI Sesalkan Pembongkaran Tiang Masjid Muhammadiyah di Aceh

Peningkatan jumlah daerah juga terjadi pada Level 2, yaitu 99 daerah dari sebelumnya 83 daerah. Kenaikan di Level 1 dan Level 2 otomatis mengurangi jumlah daerah di Level 3, dari sebelumnya 39 daerah menjadi hanya 9 daerah, dan tidak ada daerah di Level 4 dalam PPKM Jawa-Bali yang berlaku mulai 5-18 April 2022.

(khr/ain)

[Gambas:Video CNN]