Pria Melaporkan Polisi Setelah Ditipu Membeli Ganja di Palembang ODGJ

Jakarta, CNN Indonesia

Polres PalembangSumsel menyebut seorang pria yang mengaku menjadi korban penipuan untuk membeli ganja adalah orang dengan gangguan jiwaODGJ).

Pria berinisial IY (30), warga Kecamatan Plaju, Palembang, mengadukan kejadian penipuan tersebut ke Pusat Pelayanan Terpadu Polisi (SPKT) Polrestabes Palembang, Senin (28/3) malam.

“Petugas kami membenarkan bahwa berdasarkan informasi dari keluarga dan ketua RT, pria tersebut adalah ODGJ. Petugas sudah menyuruhnya pulang malam itu,” kata Kapolres Palembang Kombes Mokhamad Ngajib, dikutip Antara. Di antara Sabtu (2/4).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari polisi, pria tersebut datang ke SPKT Polrestabes Palembang, sekitar pukul 20.00 WIB, Senin lalu.

Pria yang mengaku berprofesi sebagai tukang ojek itu mendatangi petugas SPKT sambil membawa barang bukti yang dibungkus koran.

Kejadian yang dilaporkan pria ini terekam dalam video berdurasi 30 detik dan menjadi viral di media sosial Instagram pada Selasa (29/3).

Menurut polisi, petugas laki-laki itu mengaku ditipu untuk membeli satu paket ganja yang ternyata daun tanaman hias.

Kemudian meminta polisi mengusut kejadian yang dialaminya, karena pria tersebut merasa tidak menerima paket ganja yang dibelinya senilai Rp. 50.000 dari sebuah area di wilayah Desa 7 Ulu, yang ternyata palsu.

Petugas kemudian menanyakan informasi lebih lanjut kepada pria tersebut. Namun, petugas menganggapnya aneh karena pria itu dianggap berbicara agak mengada-ada dan berbelit-belit.

Kemudian petugas memutuskan untuk mendatangi rumah pria tersebut di kawasan Plaju.

Di sana petugas bertemu dengan keluarga dan ketua RT. Mereka juga membenarkan bahwa pria berinisial IY (30) itu sudah lama menderita gangguan jiwa bersama dengan saudaranya yang lain.

Baca Juga :  INFOGRAFIS: 3 Calon Provinsi Baru di Papua

Mengetahui fakta tersebut, petugas membawa IY ke keluarganya dan meminta agar kejadian ini tidak terulang lagi.

(Antara / fra)

[Gambas:Video CNN]