PSI Buka Seleksi Caleg DPRD DKI, Target 2.000 Orang Daftar

Jakarta, CNN Indonesia

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD Provinsi DKI Jakarta. PSI menargetkan 2.000 orang mendaftarkan diri sebagai caleg.

“Proses seleksi caleg PSI Jakarta kita buka hingga tahun 2023. Target kami ada 2.000 pendaftar, warga DKI Jakarta yang terdorong untuk membenahi ibu kota, yang akan diseleksi untuk menjadi 106 nama yang akan masuk dalam surat suara,” kata Ketua Komite Seleksi Caleg PSI Patriot Muslim dalam keterangan tertulis, Rabu (11/5).

Patriot mengatakan PSI Jakarta mencari caleg yang secara simbolik dan substantif dapat mewakili masyarakat, dapat turun ke lapangan, dan bisa beradu gagasan di ruang rapat.

Ia mengklaim PSI telah mendesain tahapan seleksi caleg untuk mencari orang-orang terbaik.

Patriot mengatakan seleksi caleg PSI terbagi menjadi lima tahapan, yaitu pemberkasan, uji solidaritas, juri rakyat, wawancara panelis, dan polling anggota.

Pendaftaran dibuka dalam tiga gelombang. Gelombang pertama dibuka bulan Mei, gelombang kedua dibuka Agustus, dan gelombang ketiga dibuka Januari 2023.

“Setiap bakal caleg akan melalui tahapan yang sama, mulai dari tahapan yang menguji kompetensi pemikiran dan gagasan serta kemampuan berinteraksi dengan masyarakat,” ujar dia.

Menurut Patriot, pendaftaran seleksi caleg dapat dilaksanakan secara daring di laman jakarta.psi.id/daftarcaleg. Seluruh berkas bisa diinput secara online.

Bagi warga yang mengalami kendala dapat langsung menyambangi kantor komite seleksi saleg untuk mendapatkan asistensi.

Sekretaris DPW PSI Jakarta Elva Farhi menambahkan seleksi Caleg PSI Jakarta terbuka untuk seluruh elemen masyarakat dari berbagai latar belakang, baik kader partai maupun masyarakat umum yang memiliki semangat antikorupsi dan antiintoleransi serta ingin membenahi DKI Jakarta.

Baca Juga :  Siapapun Pilihan Presiden Kami Dukung

(dmi/tsa)

[Gambas:Video CNN]