MUI Minta Vaksin Halal, Kasus Positif Kian Menurun

Jakarta, CNN Indonesia

Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia terus mengalami penurunan. Jumlahnya masih bertambah setiap hari, namun jumlah penambahan tak sebanyak penurunan kasus aktif atau pasien yang sembuh.

Pemerintah pun telah melonggarkan kegiatan masyarakat di tempat umum. Bahkan, pemerintah tak melarang masyarakat melakukan mudik lebaran pada tahun ini.

Berikut perkembangan informasi seputar pandemi Covid-19 di tanah air yang telah dirangkum CNNIndonesia.com dalam 24 jam terakhir.

MUI Minta Pemberian Vaksin Halal

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan meminta pemerintah lekas menjalankan putusan Mahkamah Agung terkait pemberian vaksin virus corona.

Putusan Mahkamah Agung menyatakan pemerintah wajib memberikan vaksin halal.

Sejauh ini, MUI sudah menerbitkan fatwa soal dua vaksin virus corona yang dinyatakan halal dan suci penggunaannya. Yakni vaksin Sinovac dan Zifivax asal China.

Sinovac Dipakai untuk Booster

Kementerian Kesehatan bakal menggunakan vaksin Sinovac untuk penyuntikan dosis ketiga atau booster kepada masyarakat.

Langkah itu dilakukan usai Mahkamah Agung mewajibkan pemerintah memberikan vaksin Covid-19 yang halal kepada masyarakat. Diketahui, Sinovac sudah mendapat fatwa halal dari MUI.

Kasus Harian

Kasus positif virus corona bertambah 617 pada hari ini, Rabu (27/4). Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 sejak pertama kali diumumkan pada Maret 2020 kini menjadi 6.045.660.

Dari total kasus positif, sebanyak 5.880.319 di antaranya telah sembuh. Pasien yang telah pulih dari infeksi virus corona bertambah 1.178 dari hari sebelumnya.

Lalu dari total kasus positif, 156.199 di antaranya telah meninggal dunia. Jumlah pasien yang meninggal dunia bertambah 36 dari hari sebelumnya.

Baca Juga :  Rest Area KM 57 A Masih Ramai Pemudik di Malam Takbiran

Jateng Sumbang Kasus Tertinggi

Jawa Tengah menjadi provinsi yang paling banyak menyumbang kasus Covid-19 hari ini, Rabu (27/4). Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sebanyak 207 kasus ditemukan di Jateng.

DKI Jakarta menyumbang kasus positif kedua terbanyak pada hari ini dengan 134 kasus. Diikuti Jawa Barat 75 kasus, Banten 42 dan Jawa Timur 32.

Sementara itu, 4 daerah nihil penambahan kasus Covid-19 per hari ini antara lain Bangka Belitung, NTB, Sulawesi Tenggara dan Maluku.

(yla/bmw)

[Gambas:Video CNN]