Relaksasi PPKM dan Vaksinasi Papua Di Bawah 70 Persen

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Indonesia melakukan sejumlah relaksasi selama masa uji coba pandemi menjadi endemik virus corona.Covid-19) di Indonesia.

Baru-baru ini, pemerintah mulai memperpanjang jam operasional untuk kegiatan non-kesehatan. Upaya itu dilakukan karena pemerintah mengklaim jumlah penambahan pasien Covid-19 terus mengalami tren penurunan.

Seiring dengan semakin membaiknya perkembangan Covid-19 di Indonesia. Pemerintah juga masih melakukan program vaksinasi virus corona (Covid-19) di Indonesia yang sudah berjalan kurang lebih 15 bulan terakhir. Namun, pemerintah masih terkendala dengan vaksin kadaluarsa di beberapa daerah.

CNNIndonesia.com telah merangkum kejadian dan informasi terkait perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagai berikut:

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Dua Minggu

Penerapan perataan Batasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penularan virus corona (Covid-19) di wilayah Jawa-Bali diperpanjang mulai hari ini, 5 April hingga 18 April 2022.

Pada PPKM dalam dua pekan ke depan, jumlah daerah Tingkat 1 bertambah dari sebelumnya 6 daerah menjadi 20 daerah. Demikian pula jumlah daerah di Level 2 dari sebelumnya 168 daerah naik menjadi 250 daerah.

Peningkatan jumlah daerah juga terjadi pada Level 2, yaitu 99 daerah dari sebelumnya 83 daerah. Peningkatan Level 1 dan Level 2 otomatis mengurangi jumlah daerah di Level 3, dari sebelumnya 39 daerah menjadi hanya 9 daerah, dan tidak ada daerah di Level 4 pada PPKM Jawa-Bali kali ini.

Jam Operasional PPKM Mal dan Kafe Regional Level 2 Santai

Pemerintah kembali memberikan relaksasi untuk kegiatan sektor nonkesehatan di tengah pandemi virus corona. Baru-baru ini, pemerintah memperpanjang masa operasional kawasan perbelanjaan dan makan khusus untuk kawasan yang masuk dalam kategori PPKM Level 2.

Baca Juga :  RI Targetkan Satgas Masuk Endemik Jika Nol Melonjak Usai Lebaran

Direktur Jenderal Pemerintahan Daerah Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan di pusat perbelanjaan atau mall. Kemudian restoran, restoran, dan kafe bisa beroperasi hingga pukul 20.00 waktu setempat, setelah sebelumnya hanya pukul 21.00.

Sementara itu, supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan supermarket yang menjual kebutuhan sehari-hari akan tetap beroperasi maksimal pukul 21.00. Bahkan pasar rakyat yang juga tetap beroperasi maksimal pukul 20.00 waktu setempat.

Meski waktu operasional diperpanjang, namun daya tampung warga tidak berubah, yakni masih 75 persen untuk wilayah di PPKM Level 2.

Dosis Pertama Vaksin Covid di Papua dan Papua Barat Masih Di Bawah 70 Persen

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, tingkat vaksinasi pertama Covid-19 di Papua dan Papua Barat masih di bawah 70 persen.

Selain itu, Airlangga juga mengatakan vaksinasi dosis 2 di 18 provinsi di luar Jawa-Bali sudah mencapai 70 persen. Kemudian, tingkat vaksinasi dosis ketiga di 9 provinsi di luar Jawa-Bali melebihi 10 persen.

“Vaksinasi di luar provinsi Jawa-Bali 2 masih di bawah 70 persen Papua dan Papua Barat (untuk) dosis 1,” kata Airlangga.

Prestasi Vaksinasi Indonesia

Pencapaian vaksinasi di Indonesia hingga Selasa (5/4) Pukul 12.00 WIB tercatat 196.880.155 orang telah mendapat suntikan dosis pertama. Sementara itu, 160.107.212 orang juga telah selesai menerima dua dosis suntikan vaksin.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total target 208.265.720 orang telah menyentuh 94,53 persen dari target vaksinasi yang mendapat suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua hanya sebesar 76,88 persen.

Adapun progres pencapaian jumlah vaksinasi dosis ketiga atau lanjutan, tercatat sebanyak 24.046.339 orang Indonesia telah mendapat booster.

Baca Juga :  Bingkai Sepekan Edisi 16 Mei 2022

(khr / anak)

[Gambas:Video CNN]