Penyusunan RUU Keistimewaan Jakarta Mulai Libatkan Kepala Daerah Penunjang

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengundang kepala daerah penyangga untuk terlibat dalam pembahasan RUU Jakarta Khusus (RUU), seiring dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan pihaknya terbuka terhadap masukan dari berbagai pihak untuk menyempurnakan RUU Keistimewaan DKI Jakarta. Apalagi, Kementerian Dalam Negeri meminta Pemprov DKI Jakarta menuntaskan pembahasan pada bulan ini.

“Ya nanti kita kasih kesempatan dan memang pembahasan ini awalnya Maret, kemudian dikasih kesempatan sampai Mei oleh Kemendagri, usulan kita,” kata Riza di Balaikota, Jakarta, Senin (11/4). .

“Terakhir, Kemendagri menanyakan apakah April bisa selesai. Sisa waktu yang tersisa bulan ini akan kita upayakan juga, kita juga akan mendengarkan, mengakomodir semua elemen masyarakat, termasuk daerah penyangga nanti. Kita tunggu masukannya, ” dia menambahkan. .

Saat ini, Tim Perancang RUU Keistimewaan Jakarta memang sedang bekerja untuk merampungkan draf tersebut. Riza kemudian menginstruksikan Tim Perumus untuk mencari pendapat dari kota-kota pendukung.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, Pemprov DKI tidak bisa berdiri sendiri dalam menangani persoalan di Jakarta. Pasalnya, sejumlah masalah di Jakarta erat kaitannya dengan kota penyangga.

Ia kemudian mencontohkan bagaimana penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya dilakukan secara terpusat atas instruksi pemerintah. Di sisi lain, penanganan masalah lain juga perlu menerapkan hal yang sama.

“Tata ruang sama, banjir sama, kita perhatikan Cianjur bahkan Sukabumi. Jadi Jakarta tidak bisa berdiri sendiri. Dia butuh penataan ruang yang lebih komprehensif dengan melibatkan buffer zone,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membentuk tim perumus internal untuk menyelesaikan RUU Kekhususan DKI Jakarta, saat IKN bergerak ke Kalimantan Timur.

Baca Juga :  MUI pada Demo Mahasiswa 11 April: Jangan Dihentikan, Ini Demokrasi

Asisten Sekda DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, mengatakan pihaknya membentuk tim perumus internal dalam kelompok kerja yang terbagi dalam delapan sektor untuk memfinalisasi substansi RUU yang diusulkan.

Kedelapan sektor tersebut adalah Mobilitas dan Logistik; Ekonomi, Investasi, dan Penataan Ruang; Kesejahteraan masyarakat; Fiskal; Lingkungan; Politik dan Pemerintahan; Ekonomi dan Kesiapan Digital; dan Tim Pendukung.

(dmi/gil)

[Gambas:Video CNN]