RUU TPKS Akan Disahkan pada Rapat Paripurna Hari Ini

Jakarta, CNN Indonesia

RUU tentang Kekerasan Seksual (TPKS) akan disahkan dalam sidang paripurna di DPR hari ini, Selasa (12/4).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan agenda rapat paripurna tersebut salah satunya adalah pengesahan RUU TPKS tingkat II.

“RUU TPKS akan disahkan sebagai inisiatif pada tanggal 12 besok” [hari ini],” kata Dasco saat dikonfirmasi, Senin (11/4).

Dasco mengatakan, rapat pengesahan hari ini akan dilakukan sebelum sidang ditutup pada 14. Setelah itu, anggota DPR akan memasuki masa reses.

“Penutupan masa percobaan pada tanggal 14″ [April],” dia melanjutkan.

Sebelumnya, rapat paripurna tingkat pertama yang dihadiri sembilan fraksi, mayoritas atau delapan fraksi menyetujui RUU TPKS untuk dibawa ke rapat paripurna untuk pembahasan tingkat kedua sebelum disahkan menjadi undang-undang. Dalam pembicaraan tingkat pertama, hanya Fraksi PKS yang menolak.

“Apakah RUU TPKS bisa kita setujui untuk diteruskan dalam Sidang Paripurna untuk pembicaraan tingkat kedua?” Demikian dikatakan Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas dalam rapat di kompleks parlemen, Rabu (6/4).

“Setuju,” jawab peserta rapat serempak.

RUU TPKS termasuk mengkategorikan sembilan jenis kekerasan seksual. Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya merupakan jenis kekerasan seksual yang belakangan ini marak di internet atau media sosial, salah satunya kekerasan seksual berbasis internet yang diatur dalam pasal 14.

(cfd/anak)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  KPU Tolak Rencana Pemungutan Suara Elektronik: Biaya Perawatan Mesin Mahal