RI Targetkan Satgas Masuk Endemik Jika Nol Melonjak Usai Lebaran

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Satgas (Gugus tugas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto menargetkan Indonesia masuk fase endemis jika tidak ada lonjakan kasus virus corona (Covid-19) setelah lebaran tahun ini.

“Kalau tetap landai, tidak ada peningkatan kasus yang signifikan, mungkin kita akan berpikir untuk mengubah statusnya menjadi endemik,” kata Suharyanto dalam konferensi pers online, Kamis (31/3).

Suharyanto menjelaskan, banyak faktor yang menentukan peralihan status suatu negara dari pandemi menjadi endemik. Dan itu, menurut dia, tidak bisa diputuskan oleh Satgas.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan terus mengkaji perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia untuk mencapai status endemis.

“Mudah-mudahan setelah lebaran 2022 kondisinya tidak seperti setelah libur panjang sebelumnya. Kita lihat setiap lebaran ada peningkatan dan muncul varian baru. Mudah-mudahan sekarang tidak seperti itu,” ujarnya.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban sebelumnya memprediksi Indonesia bisa memasuki fase endemis Covid-19 dalam satu hingga tiga bulan ke depan.

Zubairi mengatakan, kondisi itu hanya bisa tercapai jika perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia memenuhi sejumlah syarat yang disepakati bersama. Kondisi tersebut antara lain penurunan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19, varian Omicron menginfeksi sebagian besar penduduk, dan vaksinasi dosis kedua mencapai 70 persen.

Diketahui, saat ini dosis vaksinasi kedua di Indonesia sudah mencapai 76,50 persen. Sedangkan dosis pertama sudah mencapai 94,37 persen.

Pemerintah Provinsi Bali baru-baru ini bahkan mengklaim Pulau Dewata sudah memasuki fase endemis. Pasalnya, kasus Covid-19 di Bali dikatakan menurun dan angka vaksinasi di wilayah tersebut sudah mencapai target.

(blq / agn)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Kondisi Buya Syafii Stabil dan Masih Dirawat, Tamu Besuk Dibatasi