Status Gunung Luar Angkasa di Sulut Naik Jadi Waspada

Jakarta, CNN Indonesia

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) naikkan status Gunung Luar Angkasa di Sulawesi Utara menjadi level II atau waspada dari level I (normal).

Gunung yang terletak di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara itu menunjukkan peningkatan aktivitas, terutama gempa vulkanik sejak 7 April 2022.

Peningkatan aktivitas vulkanik ini berpotensi diikuti oleh letusan, meskipun belum dapat dipastikan kejadiannya.

Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahaya, mulai 16 April 2022 pukul 13.00 WITA, tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari level I (normal) menjadi level II (waspada). ,” kata Kepala PVMBG Andiani dalam keterangan tertulis, Minggu. (17/4).

Andiani menjelaskan, Gunung Ruang diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) yang terletak di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.

“Hasil pantauan visual terakhir sejak 1-16 April 2022 terlihat gunung berapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Secara umum belum ada perubahan aktivitas yang signifikan di permukaan. ,” dia berkata.

Sehubungan dengan peningkatan aktivitas Gunung Ruang ke level II, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di kawasan Gunung Ruang pada radius 1,5 km dari kawah atau puncak dan 2,5 km. di sektoral timur, tenggara, selatan dan barat daya.

Selain itu, masyarakat dihimbau untuk selalu menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya abu vulkanik jika terjadi erupsi.

(hyg/sfr)


Baca Juga :  Panglima TNI Jawab Soal Peluang Jadi Capres 2024