Kebijaksanaan Jumat Agung di Katedral Jakarta

Jakarta, CNN Indonesia

Katedral Jakarta menggelar Perayaan Jumat Agung 2022 hari ini, Jumat (15/4). Ratusan jemaah beribadah pada perayaan tersebut Pekan Suci dengan bijak.

Pemantauan CNNIndonesia.com Jumat malam, sejumlah jemaah menghadiri rangkaian ibadah Trisuci Idul Fitri hari kedua di jaringan Kota Suci.

Ibadah berlangsung dengan sejumlah protokol kesehatan, jemaah hadir mengenakan masker dengan menjaga jarak di beberapa tempat ibadah.

Pukul 18.00 WIB jemaah terlihat memasuki area Gereja Katedral, dan mengisi empat titik yang digunakan untuk beribadah, yaitu Gereja Induk, Plaza Maria, St John’s Hall dan tempat parkir.

Ibadah Jumat Agung dilaksanakan dalam tiga sesi, yaitu pukul 15.00 WIB online, pukul 15.00 WIB dan pukul 18.00 WIB online hibrida.

Humas Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Susyana Suwadie mengatakan, selama kebaktian Jumat Agung, ada perbedaan pemujaan salib sesuai pandemi Covid-19.

“Hari ini kita akan mengadakan Ibadah Jumat Agung. Ibadah Jumat Agung tentunya untuk memperingati sengsara dan wafatnya Kristus,” kata Susyana kepada wartawan, Jumat (15/4).

Dijelaskannya, pada saat kebaktian Jumat Agung, orang biasanya datang satu per satu ke depan altar untuk mencium salib. Namun, karena situasi Pandemi Covid-19, orang-orang tetap di tempat duduk mereka dan menghormati salib dengan menundukkan kepala.

Ia juga menjelaskan, jumlah jemaah yang mengikuti ibadah dalam satu sesi offline dibatasi 75 persen, dengan maksimal 1.105 jemaah.

(bisa / dari)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Gelombang Demo Mahasiswa Seminggu Sampai Luhut Jawab BEM UI