Syarat Ikut Program Mudik Gratis Pemprov DKI

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Provinsi (pemerintah Provinsi) DKI Jakarta menyiapkan program bus gratis untuk melayani masyarakat di pulang dan kembalinya Idul Fitri tahun ini. Ada beberapa syarat untuk mengikuti program ini.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya masih menyusun persyaratan. Namun, salah satunya adalah memiliki KTP Jakarta.

“Salah satu syaratnya adalah memiliki KTP DKI Jakarta yang akan diajukan. Saat ini sedang disiapkan persyaratannya,” kata Syafrin saat dikonfirmasi, Selasa (12/4).

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya akan mengumumkan program tersebut melalui website. Nantinya, masyarakat bisa mendaftar secara online.

“Nanti diumumkan melalui website Dishub, tentunya online bisa daftar,” ujarnya.

Untuk program mudik gratis ini, DKI telah mengalokasikan dana senilai Rp. 13,7 miliar. Nantinya akan ada 292 bus yang diberangkatkan pada arus mudik. Sedangkan untuk arus balik disediakan 200 bus.

“Jadi total bus yang dialokasikan sebanyak 492 bus,” ujarnya.

Selain bus, Syafrin mengatakan pihaknya juga menyediakan angkutan truk untuk arus mudik dan balik. Total ada 22 truk yang disediakan untuk arus mudik dan 9 truk untuk arus balik.

“Kami sudah siapkan bantuan truk pengangkut roda dua bagi pemudik yang mudik dengan kendaraan roda dua. Totalnya, kami sudah mengerahkan 31 truk untuk arus mudik dan balik tahun ini,” kata Syafrin.

Lebih lanjut, Syafrin juga mengatakan, pihaknya telah mengidentifikasi destinasi utama para pemudik dari Jakarta. Mulai dari kota-kota di Sumatera hingga kota-kota di Jawa.

“Dari Sumatera ada Sumatera Selatan di Palembang, lalu ada Lampung, kemudian Jawa Tengah, DIY dan juga Jawa Timur,” katanya.

(ya / fra)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Bandara Ngurah Rai Layani 343 Ribu Penumpang saat Musim Lebaran