Tito menganggap konflik dalam pilkada ada selama tidak merusak

Jakarta, CNN Indonesia

menteri dalam negeri Tito Karnavian mengatakan perbedaan dalam pilihan politik wajar pada waktunya Pemilu 2024 masa depan. Namun, dia berharap agar konflik tersebut tidak merusak.

“Konflik yang penting tidak menghancurkan, tetapi konflik perlu diselesaikan.mengelola sedemikian rupa,” kata Tito dalam rapat dengar pendapat di Komisi II DPR, Jakarta, Rabu (13/4).

Tito bercermin pada Pilkada 2021 yang menimbulkan konflik dan polarisasi dalam masyarakat dengan pilihan politik yang berbeda. Menurutnya, pengalaman tersebut harus menjadi pelajaran bagi semua pihak. Termasuk pemerintah dan penyelenggara pemilu.

Menurutnya, masa kampanye pemilu 2019 yang panjang telah menyebabkan politik identitas maupun suku, agama, ras, dan antar golongan yang rawan memunculkan konflik di masyarakat.

Ia mengatakan, Pilkada 2024 perlu dilaksanakan dengan lancar dan aman bagi rakyat.

“Kedua aman. Aman dalam arti aman bagi masyarakat. Kemudian masyarakat kita mengetahui bahwa pada tahun 2019 masa kampanye hampir 7 bulan, kita melihat politik identitas, politik SARA keluar. Itu rentan,” kata Tito.

Selain aman bagi masyarakat, Tito juga mengingatkan bahwa pemilu 2024 harus aman bagi penyelenggara. Berkaca pada jumlah penyelenggara pemilu yang tewas pada pemilu 2019.

Ia mengingatkan, pemilu 2024 juga harus aman bagi peserta pemilu dari tingkat nasional hingga kabupaten atau kota, dan aman bagi petugas yang bertugas menjaga keamanan. Prinsip pemilu yang aman dan lancar dapat menjadi pertimbangan KPU dalam menyusun jadwal, tahapan, dan program Pemilu 2024.

DPR Tegaskan Kembali Jadwal Pemilu

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menegaskan, pemungutan suara Pilkada 2024 akan dilakukan sesuai jadwal yang disepakati KPU dan pemerintah, yakni 14 Februari 2024. Sementara itu, pemungutan suara pilkada serentak digelar. pada 27 November 2024.

Baca Juga :  PKB Bisa Ditinggalkan Jika Seteru Cak Imin-PBNU Berlanjut

Hal itu disampaikan Doli dalam rapat yang dihadiri Kementerian Dalam Negeri serta para komisioner KPU dan Bawaslu yang baru.

“Bahwa hari pemungutan suara Pemilihan Umum Serentak adalah Rabu 14 Februari 2024. Dan hari pemungutan suara nasional serentak pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota serentak tahun 2024 adalah Rabu 27 November 2024,” kata Doli.

Pernyataan Doli itu sekaligus menepis spekulasi yang masih berkembang terkait wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Selain mengukuhkan hari pemungutan suara Pilkada dan Pilkada, rapat juga menyepakati untuk membahas lebih lanjut tahapan, program, jadwal, dan anggaran terkait Pemilu 2024.

Doli meminta KPU dan Bawaslu menjalankan tugasnya secara profesional, mandiri, dan berintegritas agar pemilu 2024 berjalan lancar.

“Komisi II DPR menekankan agar KPU RI, Bwaslu RI, dan DKPP RI dapat menjadi penyelenggara pemilu yang berintegritas, mandiri, mandiri, dan profesionalisme demi menyukseskan pemilu 2024 dan pemilu serentak,” kata Doli.

(mts/thr/bmw)

[Gambas:Video CNN]