Upaya Ganjar Tangani Banjir Rob Semarang: Karung Pasir-Tanggul Laut

Jakarta, CNN Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan upaya penanganan jangka panjang terkait naiknya ketinggian air laut atau banjir rob.

Meski demikian, upaya yang telah ia kerjakan dalam beberapa tahun terakhir itu belum juga terselesaikan.

“Untuk jangka panjang memang telah kita kerjakan beberapa tahun ini dan belum selesai,” tulis Ganjar melalui akun twitter pribadinya (@ganjarpranowo), Selasa (24/5).

Upaya jangka panjang itu dikatakan Ganjar telah diterapkan pada sejumlah wilayah pesisir, seperti di Pekalongan dan Semarang.

“Seperti tanggul laut di wilayah Pekalongan dan tol tanggul laut di Semarang Demak,” tuturnya.

Selain penanganan jangka panjang, Ganjar mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan penanganan jangka pendek untuk menekan terjadinya banjir rob.

“Penanganan jangka pendek dengan menurunkan karung pasir dan pompa air telah kita lakukan,” ujarnya.

Sebagai informasi, banjir rob atau air pasang yang melimpah ke daratan dengan ketinggian dua meter lebih melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5), khususnya daerah di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Retno Widyaningsih menyebut banjir rob dan gelombang tinggi yang terjadi akibat siklus akhir bulan setelah purnama dan bumi dengan bulan dalam posisi terdekat.

Fenomena alam ini juga melanda kawasan pesisir di Kabupaten Rembang, Pati, Demak, Pekalongan, bahkan hingga Tegal.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  One Way, Perjalanan Tol Kalikangkung-Cikampek Diprediksi 5,5 Jam