Viral Kasus Perampokan Modus di Kembangan, Ternyata Salah Paham

Jakarta, CNN Indonesia

Kasus percobaan perampokan dengan modus cegat mobil yang terjadi di daerah Kembangan, Jakarta Barat, berakhir damai. Polisi memastikan kasus ini hanya kesalahpahaman.

Kanit Reskrim Polsek Kembangan AKP Reno Apri Wijayanto mengatakan pihaknya telah memeriksa pelapor dan terlapor untuk diklarifikasi terkait peristiwa tersebut.

Dari pemeriksaan itu, diketahui bahwa peristiwa tersebut terjadi pada 2 Mei. Kemudian, kembali diramaikan oleh pelapor di grup perumahan dan viral hingga akhirnya polisi turun tangan.

“Kan yang viral bunyinya percobaan perampokan kami amankan ke komando dan si terlapor kemarin sore sekitar jam 5 sore,” kata Reno kepada wartawan, Kamis (5/5).

Reno menuturkan dari hasil klarifikasi, tak ada upaya perampokan dalam peristiwa tersebut. Berdasarkan keterangan terlapor, yakni pengendara motor berinisial M, mengejar pelapor karena memotret dirinya.

“Bahwa si pelapor (pengendara mobil) ini ada kegiatan main handphone yang menurut keterangan terlapor melakukan kegiatan foto-foto ke terlapor, sehingga dikejar oleh terlapor,” ucap Reno.

Sementara itu, pihak pelapor menyampaikan bahwa laju mobilnya dihadang dua kali oleh pemotor berinisial M tersebut. Ia juga memastikan tidak ada upaya perampokan yang dilakukan oleh pemotor.

“Unsur untuk masuk ke percobaan perampokannya sesuai fakta-fakta dari klarifikasi tidak ada, belum kita temukan peristiwa pidananya,” ujarnya.

“Jadi bahasa percobaan perampokan itu hanya kesalahapahaman yang diedarkan pelapor,” imbuh Reno.

Lebih lanjut, kata Reno, pihak pelapor tidak melanjutkan proses hukum atas peristiwa ini dan berakhir damai antara kedua belah pihak.

“Si pelapor tidak ingin melakukan penuntutan kepada terlapor dan tidak ada peristiwa pidana. Jadi, kita buat surat pernyataan dan pihak terlapor juga kita buatan surat pernyataan dan kita upayakan restorative justice,” tutur dia.

Baca Juga :  Polisi Selidiki Penganiayaan Presma Universitas Trisakti

Sebelumnya, beredar video di media sosial dengan narasi bahwa ada percobaan perampokan di daerah Kembangan, Jakarta Barat.

Dalam video itu, peristiwa bermula saat pelaku yang mengenakan jaket dan topi berwarna hitam itu sedang mengendarai sepeda motor di samping mobil korban.

Setelahnya, pelaku kemudian memotong laju mobil tersebut dan menghentikan kendaraannya. Setelahnya, pelaku turun dari kendaraannya dan menghampiri mobil korban.

“Buka kaca,” kata pelaku dalam video yang beredar.

(dis/bir)

[Gambas:Video CNN]