Wagub DKI Soal Kemacetan Jakarta: Situasi Kembali Normal

Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kemacetan yang terjadi di sejumlah ruas jalan Jakarta menandakan situasi di ibu kota sudah kembali normal setelah dua tahun dilanda pandemi. Covid-19.

“Kemacetan lalu lintas dimulai karena kita sudah mulai normal kembali, sejak dua tahun pandemi kita sudah mulai normal kembali,” kata Riza, Selasa (5/4).

Riza kemudian menyinggung isu pelonggaran di sejumlah sektor. Ini termasuk kegiatan sekolah, transportasi ke operasi pasar, mal dan kantor.

“Sekolah 100 persen, angkot 100 persen, tempat-tempat yang lebih besar sudah dibuka, perkantoran, kafe, pasar, mall dan semua tempat wisata sudah dibuka semua. Jadi kita sekarang normal meski Jakarta masih menerapkan PPKM level 2, untuk dua minggu ke depan,” katanya.

Ditlantas Polda Metro Jaya sebelumnya mencatat peningkatan volume kendaraan di wilayah Jakarta selama bulan Ramadhan. Terutama, jalan protokol, kawasan bisnis, dan kawasan perkotaan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, peningkatan ini terjadi karena terjadi pergerakan massa secara bersamaan.

“Dulu bulan puasa ada yang pulang jam 4, ada yang pulang jam 5, 6, 7 semua dibagi-bagi. Sekarang selama bulan Ramadhan, terutama di minggu pertama puasa, semua orang ingin berbuka puasa di rumah. Jadi gerakannya serentak,” kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Selasa (5/4).

Ia mengatakan, salah satu faktor peningkatan volume kendaraan adalah banyaknya perkantoran atau perusahaan yang tidak lagi menerapkan sistem tersebut bentuk kerja rumah (WFH).

Faktor terakhir adalah banyak anak sekolah yang mengikuti ujian karena diadakan secara offline. Hal ini juga berpengaruh pada peningkatan volume kendaraan.

(ya / fra)

Baca Juga :  Vanessa Khong Diduga Terima Aset Hingga Rp8,9 Miliar dari Indra Kenz

[Gambas:Video CNN]