YLBHI Sarankan Jokowi Temui Mahasiswa di Aksi 11 April

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Muhammad Isnur menasihati Presiden Joko Widodo untuk bertemu siswa di Aksi 11 April.

Isnur menyinggung kebiasaan Jokowi blusukan kepada publik. Dia berharap Jokowi akan melakukan hal yang sama ketika ada demonstrasi minggu depan.

“Presiden yang baik, apalagi katanya karakternya sering blusukan ke rakyat ya? datang. Jika seorang tamu datang, dia datang untuk melihat. Ayo dengar apa yang mereka katakan,” kata Isnur saat ditemui di kantor YLBHI, Jakarta, Sabtu (9/4).

Isnur menyampaikan, langkah ini penting bagi Jokowi. Dengan bertemu mahasiswa, Jokowi dapat menegaskan bahwa pemerintah mendengarkan aspirasi setiap kelompok masyarakat.

Jokowi juga bisa menegaskan sikapnya untuk memperpanjang masa jabatannya. Isnur mengatakan, aksi ini digelar karena ketidakpuasan masyarakat terhadap respon pemerintah.

“Pada saat yang sama, dia menegaskan komitmennya tidak diperpanjang. Bukan hanya meminta menteri untuk diam. Mahasiswa menunggu hukuman tegas dari Jokowi,” katanya.

Menurut Isnur, sikap Jokowi juga akan menjadi contoh bagi aparat keamanan. Ia berharap Jokowi bisa memastikan aparat keamanan tidak melakukan tindakan represif terhadap aksi unjuk rasa massal tersebut.

“Semakin represif, semakin besar perlawanan, semakin antipati masyarakat terhadap pemerintah,” katanya.

Mahasiswa berencana menggelar aksi unjuk rasa di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (11/4). Aksi tersebut dilakukan dalam rangka memprotes wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Demonstrasi juga ditanggapi dengan kenaikan harga bahan bakar minyak dan bahan pokok. Mahasiswa menginginkan ketegasan Jokowi dalam menyikapi berbagai persoalan negara.

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Mahfud Ingatkan Aparat Jangan Bawa Peluru Tajam di Aksi 11 April